TIPS CERDAS MEMBELI MOBIL BEKAS

Tips Membeli Mobil Bekas
Pada postngan sebelumnya saya sudah memposting Tips membeli sepeda motor bekas, maka kali ini Tips Otomotif ingin berbagi Tips Membeli Mobil Bekas. Membeli mobil bekas pakai atau mobil bekas tentunya perlu ketelitian agar tidak mudah tertipu atau ditipu oleh dealer nakal yang menyulap mobil rusak menjadi seakan-akan bagus. Karenanya bila Anda ragu-ragu, ada baiknya Anda mengajak kawan yang mengerti tentang kondisi permobilan agar mudah mengetahui keaslian mobil yang sedang Anda incar.

Berikut beberapa Tips yang dapat Anda lakukan agar tidak tertipu dalam membeli mobil bekas, seperti yang saya kutip dari postingan salah satu situs, silahkan disimak :

Perhatikan Rekam Jejak Mobil 
hal paling pertama diperhatikan ketika hendak membeli mobil bekas, usahakan mengetahui rekam jejak, atau sejarah pakai mobil tersebut. 

Hindari Mengecek Mobil pada Sore atau Malam Hari
Juga harus diingat, anda yang berminat membeli mobil bekas harus menghindari melihat mobil saat sore apalagi malam hari. Karena sulit untuk melihat kondisi cat, yang paling baik adalah saat ada sinar matahari yang cukup dan minta mobilnya diparkir di tempat yang terang dan cukup luas.

Lihat Tampilan Mobil Secara Keseluruhan
Sebelum memutuskan membeli lihat terlebih dahulu tampilan mobil secara keseluruhan, apakah nampak normal atau tidak, misalnya jangan sampai bodi nampak miring. Lihat juga apakah warna cat tidak belang, warna cat yang redup bisa jadi pertanda pernah dicat dengan cat yang berkualitas kurang baik.

Perhatikan Cacat pada Bumper Mobil
Sementara kita juga harus maklum, bahwa untuk wilayah kota besar, jarang sekali ada mobil yang tidak memiliki cacat pada bumpernya karena sering bersenggolan dengan sepeda motor. Tetapi ini justru yang orisinil ketimbang bumper mulus yang bisa dicurigai hasil cat ulang. Mobil dengan cat original mempunyai harga jual yang lebih tinggi. Warna favorit biasanya silver dan hitam, biasanya pun harganya sedikit lebih tinggi.

Perhatikan Kondisi Mobil Apakah pernah Tertabrak
Mobil yang sudah pernah tabrakan parah tentunya harus dihindari, bila terlihat lampu kiri dan kanan tidak sama (yang satu kusam yang satu cerah), itu bisa jadi pertanda bahwa mobil pernah tabrakan dan lampunya diganti. Lihat juga apakah lampu depan dan lampu belakang duduk dengan benar dan tidak ada bagian yang retak, pecah atau ditambal.

Lihat Kap Mesin dan Bagasi
Kemudian coba buka kap mesin dan tutup bagasi, perhatikan dengan seksama bagian ujung atas kap mesin dan tutup bagasi apakah ada tanda-tanda bekas dicat, misalnya ada bekas las, dempul dan sebagainya.

Bagi Mobil yang pernah tabrakan, biasanya beberapa bagian ini sering terkena dan meninggalkan bekas, bagian tersebut antara lain :
  • Cermati juga bagasi bagian belakang, coba angkat karpet tutup di bagasi, bila bagian ini bekas tertabrak biasanya bisa terlihat.
  • Lihat juga baut-baut kap mesin dan tutup bagasi apakah ada cacat bekas dibuka, bila ada dapat dipastikan bahwa kap mesin atau tutup bagasi pernah dicat ulang.
  • Kemudian lihat baut tutup tangki bensin, apabila ada tanda bekas dibuka berarti mobil pernah dicat karena tutup tangki ini biasa dipergunakan untuk menyamakan warna.
  • Lihat juga semua pintu, terutama bagian dalam karena bila sudah pernah dilas ketok di bagian itu biasanya tidak bisa sempurna. Coba tutup pintunya dan dengar apakah suara yang timbul terdengar normal.
Sekian postingan singkat tentang Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas, semoga bermanfaat bagi pembaca blog Tips Otomotif sekalian

Sumber Artikel : mobillaku.com