TIPS CARA MERAWAT BAN TUBELESS MOTOR

Ban Tubeless
Postingan terdahulu BaleMoto sudah pernah memposting tentang Tips Mengenal Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa dan Tips Cara Membaca Spesifikasi Ban, kali ini BaleMoto akan berbagi khusus tentang Ban Tubeless. Seperti yang lazim kita kenal ban tubeless sering dikenali sebagai roda yang dirancang tanpa karet dalam. Ban ini resminya digunakan untuk sepeda gunung. Meski awalnya dirancang untuk sepeda gunung, kini ban tubeless dipakai untuk kendaraan.

Saat ini, mayoritas pengemudi memilih ban tubeless dengan alasan kepraktisan semata, sebab mereka tidak perlu bersusah payah mengganti ban bila mengalami kebocoran. Cukup menambal ban dari luar. 

Nah berikut beberapa Tips yang bagi pengguna ban tubeless tentang bagaiman cara merawatnya agar tetap awet. Tips ini BaleMoto kutip dari postingan Oto.Detik, silahkan disimak :

1. Periksa Ban Secara Rutin
Perlu adanya pemeriksaan pada bagian telapak dan bahu ban untuk mendeteksi kerusakan-kerusakan lebih dini. Apabila ban sudah mencapai batas keausan minimum (lihat tanda D di bahu ban), ban harus segera diganti.

2. Periksa Tekanan angin
Usahakan jangan pernah mengurangi tekanan angin ketika ban masih dalam keadaan panas. Penyesuaian tekanan hanya dapat dilakukan saat ban menjadi dingin. Tekanan angin ban depan harus 32 psi dan belakang 38 hingga 40 psi. Tekanan angin pada kedua ban tidak boleh kurang dari angka itu. Bila saja berada di bawah 20 psi, ban bisa terlepas dari pelek roda.

3. Hindari lem cair
Pada saat bocor jangan buru-buru menutupnya dengan lem cair atau lem ban. Cairan akan menyebar ke permukaan ban yang berakibat kerusakan permanen pada permukaan yang tak bocor scrat korosi pada scrat ban. Bahayanya, ban bisa meledak mendadak bila dipacu dalam kecepatan tinggi. Tambal kebocoran dengan potongan ban, baru tempel dengan lem.

4. Beban
Usahakan tidak memberikan beban terlalu berat pada ban. Jangan sampai beban melebihi ketentuan muatan maksimum kendaraan.

5. Lepas paku
Ketika ada paku atau benda lain yang menusuk karet roda sebaiknya tidak asal mencabutnya. Pelepasan paku itu sebaiknya dilakukan setelah si pengendara menemukan bengkel khusus tambal ban tubeless. Kalau paku langsung dicabut dari ban, angin akan terus berembus hingga habis dan ban bisa terlepas dari pelek.

6. Ban kempes
Ban tubeless bisa mengalami kempes ban juga. Sebaiknya hindari berkendara dengan ban kempes sekalipun untuk jarak dekat. Ban dan pelek bakal rusak tanpa bisa diperbaiki lagi bila berkendara dengan ban kempes.

Sekian postingan singkat tentang Tips Cara Merawat Ban Tubeless, semoga bermanfaat bagi pembaca BaleMoto, jangan lupa intip juga Tips Motor lainnya di blog ini.

Sumber Artikel : oto.detik.com