TIPS MENGENDARAI SEPEDA MOTOR SAAT HUJAN DAN BANJIR

Mengenderai Sepeda Motor saat Hujan dan Banjir
Seperti yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya yaitu Tips Mengemudi Mobil Saat Hujan dan Banjir, maka kali ini saya akan membahas tentang Tips seputar Motor. Seperti yang kita ketahui bersama, hujan dan banjir seakan menjadi langganan yang hampir setiap tahun dialami warga yang tinggal di Jakarta dan kota lain di Indonesia. Dalam kondisi ini sebagai pengendara sepeda motor pun dihadapkan pada dua pilihan saat dihadang hujan dan banjir: nekat melanjutkan perjalanan atau berteduh menunggu guyuran air mereda.

Namun bila Anda terpaksa menembus hujan saat mengendarai sepeda motor baik karena keburu pulang atau telat ke kantor, ada hal yang perlu Anda waspadai. Risiko mengalami kecelakaan bakal sangat tinggi lantaran fokus berkendara berkurang dan fisik cenderung lebih lelah. Jika menembus banjir, sepeda motor rawan mogok lantaran kompartemen mesinnya rendah dan gampang tergenang air.

Berikut beberapa Tips aman mengendarai sepeda motor di musim hujan seperti yang saya kutip dari Tempo, silahkan disimak :

Perhatikan kondisi ban
Usia ban tidak boleh melampaui empat tahun sejak masa pemakaian pertama. Tanggal pembuatan bisa dicek di dinding ban. Jika kedalaman telapak kurang dari 2 milimeter, segera ganti ban karena kemampuan cengkeramannya berkurang. Petunjuknya adalah segitiga tread wear indicator (TWI) di sisi samping ban. Kurangi tekanan angin ban 1-2 psi dari skala normal.

Cek rantai
Saat menembus hujan, beban yang ditanggung rantai cenderung lebih berat. Selain itu, air hujan bisa menyebabkan rantai berkarat dan rusak. Lumasi rantai dengan minyak khusus anti-karat.

Periksa cahaya seluruh lampu
Di tengah guyuran hujan, jarak pandang pengemudi berkurang. Karena itu, fungsi lampu sangat vital, baik sebagai penerang dan sinyal peringatan untuk kendaraan lain. Periksa cahaya lampu agar menyala optimal di tengah hujan. Bersihkan kaca helm agar pandangan Anda jelas.

Pilih jas hujan yang tepat
Tak perlu jas hujan mahal, pilih saja model celana dan jaket biasa asalkan tak tembus air. Hindari jas hujan model one piece alias ponco karena menjuntai dan bisa tersangkut di rantai atau jari-jari. untuk lebih jelas bagaimana tips memilih jas hujan yang baik bisa dibaca disini

Hati-hati bermanuver
Saat berada di belokan, kurangi kecepatan. Injak rem lebih awal dan hindari manuver ekstrem lantaran jalan lebih licin. Perhatikan genangan air. Jangan-jangan ada lubang di dalamnya dan Anda bisa terjatuh. Hindari berteduh di bawah pohon atau papan reklame lantaran rawan roboh.

Cuci motor
Air hujan bersifat asam dan memicu karat. Setelah "hujan-hujanan", segera cuci motor dengan sampo khusus dan air bersih. Lebih lengkah silahkan intip Tips dan Trik Mencuci Motor

Sekian postingan Tips Mengenderai Sepeda Motor Saat Hujan dan Banjir, semoga bermanfaat khususnya seperti saya yang saban hari ke tempat kerja dengan motor.

Sumber Artikel : tempo.co