TIPS BERKENDARA AMAN DI MALAM HARI

Tips Mengemudi Malam Hari
Meski kadang kala bagi sebahagian orang jarang bepergian malam hari, namun bagi yang kerjanya malam hari atau jarak kantor dengan rumah cukup jauh yang mau tidak mau terpaksa bekendera di malam hari tentunya dituntut untuk lebih waspada dan hati-hati. Beragam persoalan bisa timbul baik criminal maupun kecelakaan. Postingan kali ini saya fokuskan pada keamaan berkendara di malam hari dari segi kenderaannya.

Kita semua sudah maklum, meski tinggal di perkotaan, namun belum semua jalan memiliki penerangan atau kualitas pencahayaannya yang kurang baik, disamping itu juga malam hari biasanya membuat daya konsentrasi Anda juga cenderung menurun, Anda tentunya harus berusaha  lebih hati-hati saat mengemudikan kendaraan. Karena, gelapnya malam dapat meningkatkan risiko kecelakaan yang sudah tinggi. Apalagi di saat hujan, dengan jarak pandang yang jadi lebih pendek maka akan lebih membahayakan bagi Anda. 

Guna mengatasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendera di jalan raya pada malam hari, mungkin Anda dapat mencoba beberapa tips berikut seperti yang saya kutip dari menshealth.co.id, silahkan disimak :

Bersihkan Kaca Jendela. 
Pastikan seluruh kaca mobil selalu bersih agar daya pandang atau visibilitas Anda jelas. Untuk itu, pastikan penampung windshield cleaner selalu terisi, jadi Anda bisa membersihkan kaca setiap saat. Agar pembersihannya lebih baik, gunakan aditif pembersih yang mampu mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada kaca mobil.  

Tepatkan Sorotan Lampu  
Sorot lampu yang tidak optimal pada kendaraan dapat membahayakan keamanan berkendara. Misalnya, jika posisi cahaya lampu depan mobil terlalu mengarah ke atas, ini dapat menyilaukan pengendara mobil dari arah yang berlawanan. Lakukan  penyetelan posisi lampu yang tepat di bengkel yang dapat melakukan pekerjaan tersebut. 

Tingkatkan Kualitas Pencahayaan. 
Untuk memaksimalkan pencahayaan lampu mobil, ganti bohlam konvensional dengan jenis high intensity discharge yang lebih terang. Beberapa jenis lampu tersebut dilengkapi dengan penerangan low beam yang lebih baik, terutama ketika cuaca kurang bersahabat. Namun sebaiknya lengkapi juga dengan relay agar arus listrik pada mobil sesuai dengan yang dibutuhkan.  

Bersihkan Mobil. 
Karena, permukaan cat pada body mobil yang bersih dapat memantulkan cahaya lebih baik daripada mobil yang kotor. Anda juga bisa menempelkan reflective tape di bumper, dan side molding yang dapat mengoptimalkan visibilitas di  sekitar mobil. Sehingga pengendara mobil lain bisa menjaga jarak  dengan mobil Anda secara lebih baik dan hati-hati.   

Bersihkan Kaca Lampu Depan. 
Lampu depan yang kotor tidak akan memancarkan cahaya secara optimal, apalagi saat hujan. Sebaiknya bersihkan dengan lap basah lalu keringkan dengan kain kering. Anda juga dapat membersihkannya dengan glass cleaner agar hasilnya sempurna.  

Hindari Kaca Film Gelap. 
Sebaiknya gunakan tingkat kegelapan kaca film yang ’wajar’, demi faktor keamanan berkendara di malam hari. Idealnya, kegelapannya tidak lebih dari 40 % untuk kaca samping dan belakang, dan tidak lebih dari 20% untuk kaca depan.  

Sekian postingan Tips Berkendara Aman di Malam Hari, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Sumber Artikel : menshealth.co.id