TIPS KENALI PENYEBAB BAN MOBIL RUSAK SERTA TIPS PENCEGAHANNYA

Ban Mobil
Mungkin Anda pengendara mobil pasti pernah mendapati kondisi ban mobil dengan kondisi benjol di bagian tertentu, atau bahkan melihat ban dengan kondisi permukaan yang tidak rata akibat termakan aspal jalan? Umumnya, pasti pernah. Sebetulnya ada beberapa cara sederhana dapat ditempuh untuk mencegah hal itu tidak terjadi pada mobil kesayangan Anda.

Mengingat sangat pentingnya fungsi ban di mobil maka diperlukan cara pemakaian dan perawatan secara rutin. Tujuannya, agar usia pemakaian ban menjadi lebih tahan lama alias awet yang berdampak pada penghematan pengeluaran uang, lalu guna memperoleh kenyamanan dan keselamatan selagi mobil digunakan. Jika ban ‘sehat’ mengemudikan mobil saat jalanan basah pun tidak perlu merasa cemas.

Nah mengingat pentingnya ban baik bagi motor maupun mobil kali ini balemoto ingin berbagi Tips mengenal sebab ban menjadi cepat rusak serta bagaimana tindakan pencegahannya seperti yang saya kutip dari MobilWow :

1.  Ban Benjol (Pinch Cut).

Ban benjol  disebabkan antara lain karena melewati dan masuk jalan berlubang sehingga benang pada dinding putus terutama ketika tekanan angin kurang. Lalu, sering terbentur benda tumpul, cara mengemudi yang kasar atau kita mengenalnya dengan bahasa keseharian tidak sabaran. Benjol di ban juga dapat terjadi lantaran mobil terisi dengan beban muatan berlebihan.

Mencegah Ban Benjol dapat dilakukan dengan rutin melakukan pengecekan angin secara berkala dan bila ban masih standar sesuaikan tekanan angin sesuai arahan dari pabrik pembuat mobilnya.

2. Ban Aus Tidak Rata (Irregular Wear).

Kurangnya  tekanan angin juga menjadi penyebab permukaan ban mengalami keausan tidak rata. Selain itu, terlambat melakukan spooring dan balancing dapat mempercepat kondisi ban botak sebelah.

Ban Aus Tidak Rata (Irregular Wear) dapat dicegaj dengan melakukan spooring dan balancing secara berkala. Cek sekalian komponen kaki-kakinya dengan teratur. Keuasan yang tidak merata ini juga memiliki faktor penyebab lain yang berasal dari suku cadang penunjang kaki mobil, seperti tie-rod ball join, long tie rod dan lainnya.

3.  Flat Running.

Penyebabnya dikarenakan ban kekurangan angin dan dipaksa bekerja sehingga ban tergilas velg. Kondisi seperti umumnya terjadi saat ban bocor dan tetap dijalankan.

Antisipasinya, selalu teratur mengecek tekanan angin dan apabila ban bocor segera ganti dengan ban cadangan

Sekian Postingan Tips Kenali Penyebab Ban Mobil Rusak Serta Tips Pencegahannya, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : http://www.mobilwow.com