Mengatasi Knalpot Motor yang Menembak |
Suara knalpot seperti orang lain main perang-perangan kadang kala sering kita dengar. Dulu saat daerah kami masih rawan, bila kondisi seperti ini juga kadang kala turut membuat orang takut.
Mungkin anda pernah mengalami kesal saat sedang berkendara tiba-tida dikagetkan oleh bunyi seperti suara ledakan dari knalpot? Ya, suara seperti ini memang menjengkelkan, pasalnya, tak hanya suara ledakan yang cukup mengganggu feel berkendara, namun suara tersebut biasanya diikuti dengan tarikan motor yang juga cenderung tersendat-sendat.
Nah berikut ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, sebelum anda membawa sang kuda besi ke "dokter" alias bengkel langganan seperti yang saya kutip dari postingan salah satu situs, silahkan disimak :
Mengecek Tuas Cuk
Anda bisa mengecek tuas cuk (choke), dan pastikan bahwa cuk tersebut berada dalam posisi off atau menutup. Sebab kondisi cuk membuka dapat menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna. Karena kondisi bensin mengalami percampuran sehingga menyebabkan kondisi basah karena bensin pada busi. Dampaknya busi menjadi tidak awet.
Bila anda lihat cuk telah tertutup namun motor tetap tersendat. Bisa saja tuas menutup tetapi kabel tidak sepenuhnya bergerak menutup cuk pada karburator. Kondisi demikian umumnya disebabkan oleh kabel cuk yang berkarat sehingga tidak mampu bergerak bebas mendorong cuk pada kaburator. Solusinya adalah anda harus membuka urutan kabel cuk menuju karburator dan bersihkan karat dengan menggunakan bensin. Lakukan perawatan ini secara berkala, setiap enam bulan sekali.
Mengecek Kondisi Busi
Bila Sudah yakin dengan langkah pertama, tetapi ledakan masih terjadi. Anda perlu mengecek kondisi busi. Kondisi demikian juga bisa menjadi pertanda akan berakhirnya usia pakai busi. Ini disebabkan karena elektroda busi sudah terlalu basah atau mungkin juga karena banyaknya kerak pada kepala busi. Bersihkan dan bila perlu ganti busi motor anda.
Mengecek Karburator
Kedua langkah diatas masih tergolong ke dalam pengecekan ringan, artinya anda dapat melakukannya sendiri. Tetapi bila masih terdengar suara ledakan pada knalpot dan mesin masih terasa tersendat-sendat. Ada baiknya bawa motor anda ke bengkel, mungkin tingkat lanjut penanganan yang dilakukan berupa pengecekan karbuartor secara menyeluruh (servis).
Pengecekan ini dilakukan untuk melakukan penyetelan (setting) pada karburator agar pembagian udara dengan aliran bensin bisa seimbang. Sehingga suplai bensin untuk pembakaran pun menjadi sesuai dengan kebutuhan. Sementara maraknya teknologi vakum pada karburator motor dewasa ini, perlu diperhatikan.
Kinerja jarum skep mengandalkan karet yang berasal dari kevakuman. Nah, bila karet vakum sudah mulai aus, maka proses kevakuman menjadi tidak sempurna dan ini juga disinyalir menjadi salah satu penyebab terjadinya ledakan pada suara knalpot.
Periksa Pasokan Udara Bersih ke Ruang Bakar
Bagian akhir yang musti anda lakukan adalah memeriksa pasokan atau suplai udara bersih ke dalam ruang bakar. Gejala demikian bisa terdeteksi ketika motor berakselerasi dan gas ditutup penuh, pastinya menyebabkan putaran mesin menurun dan timbulah suara ledakan. Solusinya, periksa sistem air secondary system dengan seksama.
Sekian postingan ini, selamat mencoba, semoga dari beberapa langkah diatas dapat memberikan pencerahan bagi anda. Untuk masalah knalpot lainnya bisa dibaca Tips Mengetahui Penyebab Knalpot Bocor, semoga bermanfaat
Mungkin anda pernah mengalami kesal saat sedang berkendara tiba-tida dikagetkan oleh bunyi seperti suara ledakan dari knalpot? Ya, suara seperti ini memang menjengkelkan, pasalnya, tak hanya suara ledakan yang cukup mengganggu feel berkendara, namun suara tersebut biasanya diikuti dengan tarikan motor yang juga cenderung tersendat-sendat.
Nah berikut ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, sebelum anda membawa sang kuda besi ke "dokter" alias bengkel langganan seperti yang saya kutip dari postingan salah satu situs, silahkan disimak :
Mengecek Tuas Cuk
Anda bisa mengecek tuas cuk (choke), dan pastikan bahwa cuk tersebut berada dalam posisi off atau menutup. Sebab kondisi cuk membuka dapat menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna. Karena kondisi bensin mengalami percampuran sehingga menyebabkan kondisi basah karena bensin pada busi. Dampaknya busi menjadi tidak awet.
Bila anda lihat cuk telah tertutup namun motor tetap tersendat. Bisa saja tuas menutup tetapi kabel tidak sepenuhnya bergerak menutup cuk pada karburator. Kondisi demikian umumnya disebabkan oleh kabel cuk yang berkarat sehingga tidak mampu bergerak bebas mendorong cuk pada kaburator. Solusinya adalah anda harus membuka urutan kabel cuk menuju karburator dan bersihkan karat dengan menggunakan bensin. Lakukan perawatan ini secara berkala, setiap enam bulan sekali.
Mengecek Kondisi Busi
Bila Sudah yakin dengan langkah pertama, tetapi ledakan masih terjadi. Anda perlu mengecek kondisi busi. Kondisi demikian juga bisa menjadi pertanda akan berakhirnya usia pakai busi. Ini disebabkan karena elektroda busi sudah terlalu basah atau mungkin juga karena banyaknya kerak pada kepala busi. Bersihkan dan bila perlu ganti busi motor anda.
Mengecek Karburator
Kedua langkah diatas masih tergolong ke dalam pengecekan ringan, artinya anda dapat melakukannya sendiri. Tetapi bila masih terdengar suara ledakan pada knalpot dan mesin masih terasa tersendat-sendat. Ada baiknya bawa motor anda ke bengkel, mungkin tingkat lanjut penanganan yang dilakukan berupa pengecekan karbuartor secara menyeluruh (servis).
Pengecekan ini dilakukan untuk melakukan penyetelan (setting) pada karburator agar pembagian udara dengan aliran bensin bisa seimbang. Sehingga suplai bensin untuk pembakaran pun menjadi sesuai dengan kebutuhan. Sementara maraknya teknologi vakum pada karburator motor dewasa ini, perlu diperhatikan.
Kinerja jarum skep mengandalkan karet yang berasal dari kevakuman. Nah, bila karet vakum sudah mulai aus, maka proses kevakuman menjadi tidak sempurna dan ini juga disinyalir menjadi salah satu penyebab terjadinya ledakan pada suara knalpot.
Periksa Pasokan Udara Bersih ke Ruang Bakar
Bagian akhir yang musti anda lakukan adalah memeriksa pasokan atau suplai udara bersih ke dalam ruang bakar. Gejala demikian bisa terdeteksi ketika motor berakselerasi dan gas ditutup penuh, pastinya menyebabkan putaran mesin menurun dan timbulah suara ledakan. Solusinya, periksa sistem air secondary system dengan seksama.
Sekian postingan ini, selamat mencoba, semoga dari beberapa langkah diatas dapat memberikan pencerahan bagi anda. Untuk masalah knalpot lainnya bisa dibaca Tips Mengetahui Penyebab Knalpot Bocor, semoga bermanfaat
Sumber Artikel : bintangmotor.com