TIPS MEMASANG BAN MOBIL YANG BENAR

Memasang Ban Mobil
Mungkin bagi sebagian orang mengangggap kegiatan bongkar pasang ban mobil memang terlihat gampang. Namun tidak sedikit yang tidak sesuai prosedur semestinya. Walhasil, bukan hanya kenyamanan berkendara tetapi keselamatan jadi lebih berisiko. Kondisi ini jarang disadari oleh orang, baik pemilik maupun mekanik bengkel yang memasang ban.

Perlunya pengetahuan tentang cara memasang ban yang benar untuk semua pemilik mobil karena biasanya mau tidak mau pastinya kita akan mengalami ban kempes atau bocor ditengah jalan yang memaksa kita untuk mengantikan ban sendiri.

Nah berikut Blog Tips Info Otomotif akan membagikan Tips Memasang Ban yang benar yang penulis temui dari postingan sloops, berikut tipsnya silahkan disimak :
  1. Langkah pertama pastikan Anda punya mobil (he he he teringat celotehan Cak Lontong di Acara Indonesia Lawak Klub) lalu lepas ban yang akan diganti.
  2. Siapkan ban pengganti. Pastikan tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan. Tekanan pastikan sesuai agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.
  3. Biarkan posisi kaki mobil dalam keadaan terdongkrak, pasang ban pengganti dan kencangkan bautnya. Cara mengencangkan baut harus pada posisi bersilang. Jilka baut pertama yang dikencangkan adalah nomor satu maka berikutnya nomor tiga. Seterusnya baut nomor dua dan berikutnya empat.
  4. Kencangkan baut secukupnya. Setelah itu, guncang-guncang pelek untuk mengetahui apakah tingkat kekecangan baut sudah sama. Jika salah satu baut tidak sama kekecangannya, akan berisiko tidak nyaman dan aman dalam berkendara.
  5. Setelah tingkat kekencangan baut sama, turunkan ban dengan mengendurkan dongkrak. Dan kemudian kencangkan baut hingga benar-benar deadlock.
  6. Setelah itu lakukan tes jalan maju mundur untuk memastikan pemasangan ban telah sempurna.
Sekian postingan Tips Memasang Ban Mobil Yang Benar, semoga berguna bagi pengunjung Blog Tips Info ini.

Sumber Artikel : solopos.com