TIPS CARA MENJAGA CAT MOBIL TETAP AWET

Cucilah Mobil Anda Secara Rutin
Mungkin kita pernah melihat mobil yang seharusnya masih baru namun warna catnya sudah agak kusam. Bagi  setiap pemilik mobil pastinya ingin kendaraannya selalu mengkilap seperti saat baru dibeli dari show room. Sebenarnya cat mobil dari pabrik memiliki kualitas yang baik dan teruji dan pada umumnya dapat bertahan sampai belasan tahun, tetapi hal itu tergantung dari perawatan cat mobil tersebut.

Untuk menjaga agar cat mobil Anda tetap awet, berikut ini beberapa tips untuk menjaga warna cat mobil agar tetap mengkilap seperti yang saya kutip dari postingan salah satu member forum online :

Lindungi Mobil Anda dari Cuaca
Usahakan untuk parkir mobil di tempat beratap atau teduh sehingga terhindar dari panas matahari atau hujan secara langsung. Sinar matahari yang memancar terus-menerus dapat merusak lapisan cat mobil. Jika harus meninggalkan mobil dalam waktu lama di tempat yang terkena sinar matahari, sebaiknya tutupi mobil dengan penutup mobil yang berkualitas. Demikian pula mobil yang terkena hujan apabila tidak segera dikeringkan maka akan timbul bercak-cak noda biang jamur. Di malam hari, disarankan untuk menghindari kontak langsung antara mobil dengan embun karena dapat mempercepat timbulnya karat. Bila anda tidak memiliki garasi yang tertutup sebaiknya mobil ditutup dengan kantong mobil atau terpal.

Cuci Mobil Secara Rutin
Cuci mobil secara rutin minimal 2 minggu sekali. Hal ini untuk menghindari penumpukan polutan, debu dan bahan kimia yang dapat merusak lapisan warna cat mobil.

Waktu dan Tempat yang Paling Ideal untuk Mencuci Mobil
Saat yang paling ideal untuk mencuci mobil yakni dilakukan saat kendaraan dingin dan dilakukan di tempat terbuka dan teduh.

Gunakan Sampo Mobil
Hindari Detergen Saat Mencuci Mobil. Kandungan zat kimia dalam sabun detergen dapat memudarkan kecemerlangan cat mobil. Sebaiknya gunakan sampo mobil yang standard dan memiliki track record yang bagus untuk mencuci mobil, namun bila habis gunakan sabun/sampo untuk mandi asal tidak mengandung detergen.

Segera Bilas Sabun dengan Air Saat Mencuci Mobil
Saat mencuci mobil sebaiknya hindari busa sabun menempel terlalu lama pada bodi mobil apalagi di bawah sinar matahari, karena dapat menimbulkan bercak-bercak noda pada cat mobil. Sebaiknya begitu dilakukan penyabunan segera disiram dengan air.

Perhatikan Tekanan Air Saat Mencuci Mobil
Tekanan semprotan air untuk mencuci mobil disarankan jangan terlalu kencang, agar tidak merusak cat karena tekanan air yang terlalu kencang. Semprotan air tersebut berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bodi mobil, maka cukup dengan tekanan yang sedang saja.

Keringkan Mobil dengan Lap Setelah Dicuci
Setelah pencucian, mobil harus segera dikeringkan menggunakan lap kulit atau kanebo, agar air tidak menempel dan membekas pada bodi mobil.

Hati-Hati Saat MengelapKehati-hatian saat mengelap mobil merupakan hal yang penting, karena ketika mobil dalam kondisi kotor dan menempel partikel-partikel kecil ketika dilap, justru akan menimbulkan goresan yang merusak cat. Saat mengelap gunakan kain yang basah agar partikel yang menempel tidak menggores.

Cuci Setelah Kehujanan
Air hujan masih memiliki kandungan garam, peran dari kandungan garam tersebut adalah menyebabkan korosi sehingga mobil cepat keropos. Setelah kehujanan segera bersihkan dengan sampo mobil agar kandungan garam yang menempel segera hilang.

Hilangkan Partikel-Partikel Kasar yang Melekat pada Mobil
Hilangkan debu halus di mobil, sebaiknya digunakan kemoceng karena alat pembersih itu bisa menghindari lecet di permukaan cat mobil.

Hindari Cairan yang Dapat Merusak
Sedapat mungkin hindarkan cat mobil dari tumpahan cairan yang dapat merusak seperti minyak rem, cairan oli dan lain-lain. Bila terkena tumpahan segera hapus dan bersihkan.

Gunakan Wax
Untuk melindungi dan menjaga kilau warna cat mobil, Anda bisa melapisinya dengan wax. Penggunaan wax mobi dapat melindungi lapisan cat mobil dari sinar UV dan polutan lainnya. Waxing dapat dilakukan setiap 2-3 bulan sekali untuk memberikan perlindungan ekstra pada cat mobil Anda.

Sekian postingan Tips Cara Menjaga Cat Mobil Tetap Awet semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id